PELONTAR (Pelatihan Online Menanam Sayur)

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Hallo sobat!!

Genbi Kaltim Komisariat IAIN SAMARINDA telah melaksanakan salah satu kegiatan yaitu Pelatihan Online Menanam Sayur yang bertema Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Masa Pandemi, agar masyarakat dapat memanfaatkan waktu dan pekarangan rumah yang memiliki potensi dalam penyediaan bahan pangan bagi keluarga, sehingga pengeluaran rumah tangga untuk membeli bahan pangan dapat dikurangi dan meningkatkan pendapatan rumah tangga jika produksi bahan pangan berlimpah, terutama sayur-sayuran yang higienis dan sehat bagi keluarga. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini yang mana pemerintah menganjurkan untuk tetap berada di rumah agar mengurangi dampak Covid-19.

Vertikultur merupakan teknik budidaya tanaman secara vertikal sehingga penanaman dilakukan secara bertingkat. Teknik budidaya ini tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan dapat dilakukan pada rumah yang tidak memiliki halaman sekalipun. Teknik vertikultur ini memungkinkan untuk berkebun dengan memanfaatkan tempat secara efisien. Salah satu solusi untuk masyarakat dapat mengembangkan pertanian untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan menanan tanaman secara vertikultur. Secara estetika, taman vertikultur berguna sebagai latar belakang yang menyuguhkan pemandangan yang indah dengan berbagai warna.
Tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat dapat memanfaatan lahan pekarangan yang sempit di tengah pandemin Covid-19 sebagai penghasil sayur-sayuran yang sehat untuk keluarga dengan budidaya tanaman teknik vertikultur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top