OKBI – Peningkatan Transaksi Digital di Masa Pandemi

Assalamualaikum sobat GenBI…

apa kabar semuaa??

Kali ini kami dari GenBI Komisariat Universitas Mulawarman ada artikel yang seruuuu banget niih sobat….

Novel Coronavirus atau sering disebut dengan corona telah menyebar ke berbagai negara dan meruntuhkan tatanan hidup masyarakat secara luas,  Salah 1 yang terdampak dari adanya virus Corona ini adalah sektor ekonomi. Penularan virus corona yang sangat cepat dan tak terdeteksi membatasi ruang gerak dalam transaksi dan perdagangan ,segala aktifitas sosial pun dibatasi mulai dari keluar rumah , liburan , pergi ketempat ramai,pasar, tempat ibadah hingga adanya himbauan Work From Home. Disisi lain hal ini berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat, paranoid , kejenuhan yang dialami masyarakat. Kemudian pemerintah memberikan kemudahan agar masyarakat dapat tetap produktif meski terkendala pembatasan sosial melalui berbagai kegiatan Daring (Dalam Jaringan). Semua pekerjaan dapat dilakukan dari rumah, pelajaran disekolah maupun perkuliahan dilakukan melalui jaringan onine bahkan transaksi dan jual beli kini sangat mudah dilakukan hanya dengan Smartphone dari Rumah. Terkhusus pada transaksi online atau digital, mengalami peningkatan yang signifikan selama pandemi.

Adanya larangan untuk berkumpul dan keluar rumah menimbulkan inovasi dari para pedagang dan UMKM dengan mengiklankan produk mereka melalui Social media dengan menggunakan metode alat pembayaran non tunai. Peningkatan transaksi digital ini sangat mendukung arahan pemerintah seperti social distancing,physical distancing sampai Work From Home. Diantaranya masyarakat beralih ke Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Dalam mendorong optimalisasi transaksi digital dan nontunai guna mendukung imbauan pemerintahan tentang physical distancing, Bank Indonesia juga mengeluarkan berbagai kebijakan diantaranya pembebasan biaya transaksi pemrosesan QRIS bagi pedagang usaha mikro oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PSJP). Kebijakan ini dapat membantu masyarakat dalam mempermudah transaksi tunai yang sangat dibatasi pada masa pandemi. Pelaku usaha akan lebih mudah dalam menjual produk-produk mereka meski tak dapat bertemu langsung dan ditambah dengan pembayaran digital yang tidak dipungut biaya tambahan akan sangat mempermudah perputaran ekonomi ditengah arus pandemi.

Artikel referensi https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/bi-gencarkan-transaksi-non-tunai-untuk-mitigasi-penularan-covid-19/

Waduh gimana sobat .. semakin jauh agenda GenBI Kaltim Komisariat Unmul semakin keren dan seruu bukaaan…

Yuuuk sobat Follow akun IG GenBI Kaltim untuk update info terbaru dari kegiatan kami soooob.. jangan sampai ketinggalan sooob…. see you??

https://www.instagram.com/genbikaltim/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top