OKBI – Pemasifan Kebijakan GNNT di tengah Pandemi Covid 19

Assalamualaikum sobat GenBI…

apa kabar semua…

Kali ini kami dari GenBI Komisariat Universitas Mulawarman ada artikel yang seruuuu banget niih sobat…

Pemasifan Kebijakan GNNT di tengah Pandemi Covid 19

          Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia merupakan suatu lembaga independen yang mengatur kebijakan sistem moneter di Indonesia dengan tujuan  kesejahteraan masyarakat, Bank Indonesia dalam hal ini juga berperan dalam mengatur kebijakan sistem keuangan di Indonesia dalam rangka mempermudah transaksi masyarakat dalam setiap kegiatan ekonomi  baik jual beli maupun di sistem perbankan.

          Salah satu kebijakan sistem keuangan yang dilakukan oleh Bank Indonesia yaitu “Gerakan Nasional Non Tunai” yang sering disingkat (GNNT) yang merupakan suatu kebijakan yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan transaksi  fisik berupa tunai untuk beralih ke transaksi secara non tunai (cashless). Dengan harapan terciptanya Less Cash Society atau dapat disebut kumpulan masyarakat yang menggunakan transaksi non tunai khsususnya dalam transaksi ekonomi.

          Di tengah era pandemi saat ini GNNT merupakan salah satu kebijakan yang sangat sesuai apabila lebih dimasifkan perkembangannya saat ini. Berkembangan GNNT pada hakikatnya memang sudah sangat signifikan dibuktikan dengan adanya data pada tahun 2019  dimana nilai transaksi elektronik sudah mencapai 68 Triliun Rupiah.

          Dengan melihat situasi saat ini dimana Covid 19  ini telah menjangkiti lebih dari 200 ribu orang di Indonesia memberikan suatu pandangan bahwa transaksi yang dilakukan secara non tunai berperan serta dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat. Bank Indonesia juga sudah meluncurkan produk yang mendukung GNNT yaitu QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) bekerjasama dengan perusahaan penyelia transkasi elektronik seperti Link-Aja, Dana dan OVO.

          Mari kita bersama dukung imovasi yang dilakukan Bank Indonesia secara bersama guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dengan memasifkan pengenalan GNNT dan produk-produk yang mendukungnya, agar tercipta suatu arus perputaran transaksi yang praktis, ekonomis dan aman sehingga dapat menciptakan Smart Society Living atau masyarakat yang cerdas dalam bertransaksi.

Waduh gimana sobat .. semakin jauh agenda GenBI Kaltim Komisariat Unmul semakin keren dan seruu bukaaan…

Yuuuk sobat Follow akun IG GenBI Kaltim @genbikaltim untuk update info terbaru dari kegiatan kami soooob.. jangan sampai ketinggalan sooob…. see you??

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top