OKBI – HADAPI COVID 19, INI STRATEGI BANK INDONESIA

Asssalamu”alaikum Sobat GenBI …

Apa kabar semua, semoga selalu diberi kesehatan yahhh…

Dalam rangka menemani aktivitas kalian di rumah yuks luangkan waktu sejenak membaca artikel OKBI  dari GenBI komisariat Mulawarman

Sebagai Bank Sentral Republik Indonesia yang memiliki tujuan tunggal yaitu menjaga stabilitas nilai Rupiah, Bank Indonesia (BI) berperan serta dalam pemulihan ekonomi selama masa pandemi Covid-19 saat ini. Langkah pertama yang dilakukan BI yaitu bekerjasama bersama dengan OJK dengan melakukan koordinasi dari aspek kebijakan stabilitas sistem keuangan,dalam mendorong ekonomi dan mengurangi beban terhadap masyarakat dalam mengatasi dampak Covid 19 ini sobat. Kedua, BI terus memperkuat stabilitas di pasar valas,pasar keuangan dalam penyediaan pembiayaan dan perbankan.

Eitss… gak sampai disitu aja teman teman dalam hasil rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 16-17 September lalu  mengumumkan hasil rapat bahwa ada lima upaya lanjutan yang diharapkan mampu mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Yuk tebak apa aja ya kira kira ?

Nah pertama, melanjutkan kebijakan stabilitas nilai tukar rupiah agar sejalan dengan fundamental dan mekanisme pasar. Kedua, memperkuat strategi operasi moneter guna meningkatkan transmisi stancekebijakan moneter yang ditempuh. Ketiga, memperpanjang periode intensif pelonggaran GWM rupiah sebesar 50 BPS bagi Bank yang menyalurkan kredit UMKM dan ekspor impor serta kredit sektor-sektor prioritas dalam program pemulihan ekonomi Nasional. Kempat, mendorong pengembangan instrumen  pasar uang untuk mendukung pembiayaan korporasi dan UMKM sejalan dengan program pemulihan ekonomi Nasional. Kelima, melanjutkan perluasan akseptasi QRIS dan pengembangan UMKM melalui perpanjangan kebijakan merchant discount rate sebesar 0% untuk usaha mikro hingga 31 Desember 2020.

Nah,,, giamana sobat keren kan, jangan lupa untuk mselalu pantau artikel dari GenBI yang tentunya bisa memperluas engetahuan kalian tentang Bank Indonesia, dan yang paling penting jangan lupa share ke teman teman kalian juga karena  berbagi sebuah ilmu tidak akan mengurangi kepandaianmu, bahkan menambah kewibawannmu.

Yukkk sobat Follow akun IG GenBI Kaltim @genbikaltim untuk selalu update info terbaru dari kegiatan kami soooob…keep healthy and see you

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top