JABUK (Jamu Serbuk)

Assalamualaikum Wr.Wb

Hai Sobat GenBI , kali ini GenBI ( Generasi Baru Indonesia) Komisariat IAIN Samarinda Devisi Kesehatan Masyarakat Bekerjasama dengan Dasawisma setempat melaksanakan program kerja JABUK (Jamu serbuk). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan yang diadakan 3 kali dalam setahun yang di adakan di 3 tempat yaitu kelurahan Bantuas, Kelurahan Rawa Makmur, dan Kelurahan Sungai Keledang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu di daerah-daerah yang telah ditentukan mengenai pelatihan pembuatan jamu serbuk yang berbahan dasar jahe dan gula pasir. Selain itu tujuan adanya pelatihan ini adalah untuk membangun inovasi baru dalam pengelolaan jamu tradisional agar lebih tahan lama.  Proses pembuatan jamu serbuk ini juga terbilang sangat mudah yaitu dengan cara dikupas, dicuci, diparut, diperas dan diambil airnya, setelah itu dimasak dan dicampurkan dengan gula, diaduk secara terus-menerus sampai menjadi serbuk. Perbandingan jahe dan gula pasir adalah 1 : 1, apabila jahenya 1 kg maka gulanya 1 kg.

Selama kegiatan ini berlangsung warga sangat antusias untuk mengikuti pelatihan ini, banyak warga belum mengetahui proses pembuatan jamu serbuk ini dan banyak warga juga yang menyukai adanya pelatihan ini karena kegiatan tersebut merupakan yang selama ini mereka butuhkan serta bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Pelatihan pembuatan jamu serbuk ini di sampaikan oleh pemateri  yang berpengalaman dalam bidangnya yaitu ibu Sunarti, adalah seorang ibu rumah tangga dari kelurahan bantuas. Beliau mengetahui adanya proses pembuatan ini dari tetangganya yang berasal dari tanah jawa.

Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan jamu serbuk ini dapat memberikan pemahaman bagi kita semua terutama kepada ibu-ibu rumah tangga yang bergabung dalam dasawisma di Samarinda, terhadap inovasi pembuatan jamu tradisional menjadi jamu serbuk dan mengetahui proses pembuatan jamu serbuk dengan baik dan benar agar hasilnya memuaskan serta dapat dikonsumsi dan dapat juga diperjualbelikan.

Dok.Kegiatan JABUK (Jamu Serbuk)

Untuk info terupdate lain nya jangan lupa follow IG @genbikaltim see you next time…

#Genbikaltim #bersamaberkaryauntukbangsa #energiuntuknegeri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top