DIKAWANI (Diklat Kewirausahaan Petani)

Assalamualaikum wr.wb

Hai Sobat GenBI , kali ini GenBI Kaltim Komisariat IAIN Samarinda mengadakan kegiatan yang bernama DIKAWANI. Kegiatan ini di agendakan oleh GenBI Kal-Tim komisariat IAIN Samarinda dan Petani Milenial Kal-Tim. Tepatnya pada hari Minggu, tanggal 11 Oktober 2020 di UPTB BAPELTAN Jl.Thoyib Hadiwijaya No. 36, sempaja selatan, kec. Samarinda utara, Kota Samarinda Kalimantan Timur 75119. Dengan dihadiri peserta Se-jumlah 20 yang membidangi dunia pertanian sekaligus yang memiliki minat sebagai wirausahawan.

Acara DIKAWANI dimulai pukul 08:30 WITA sekaligus pembukaan yang dibuka langsung oleh Ibu Ir. Tri Mawarni, M.P Sebagai  kepala UPTB BAPELTAN, yang sebelumnya telah diawali beberapa sambutan dari pihak GenBI Kal-Tim maupun Petani Milenial Kal-Tim. Dan tentunya dilaksanakan dengan mematuhi protocol kesehatan.

Dok; Penyerahan cinderamata dari ketua umum GenBI Kal-Tim IAIN samarinda kepada Ibu kepala dinas UPTB BAPELTAN

Alasan mengadakan DIKAWANI. Yakni berbicara soal dunia pertanian, khususnya di daerah Kal-Tim. Secara suistanable terbilang masih jarang dan hanya sebagian saja yang faham tentang perkembangan dunia pertanian atau perkebunan. Namun, tak bisa dipungkiri, dengan adanya petani yang memiliki perkembangan secara analisis dan risetnya, bahkan teknologinya. Kemudian mampu menghasilkan nilai-nilai kreatif yang produktif. Maka secara tidak langsung bahan pangan yang ada dalam negeri menjadi berdaulat. Sehingga tidak ada kata import bahan pangan dari luar, melainkan eksport terhadap mereka. Karena mengingat Indonesia adalah Negara kaya akan alam dan rempah-rempahnya.

Secara garis besar, jika fundamentalnya dunia pertanian dan para petaninya di perhatikan secara serius. Maka Indonesia dapat membangun ekonomi mandiri dengan sektor bahan pangannya, yang dibangun melalui dunia pertanian ataupun perkebunan.

DIKAWANI merupakan agenda pendidikan dan pelatihan kewirausahaan petani untuk mewujudkan wirausahawan kreatif , yang bergerak di bidang pertanian sehingga tercapainya kreatitifas dan produktifias ekonomi mandiri dalam negeri.

 Singkat cerita dalam berjalannya acara. Para peserta diberikan tentang bagaimana caranya berwirausaha serta melihat situasi perkembangan dunia pertanian, yang langsung dibawakan oleh Bapak Muhammad Padil sebagai Narasumber pertama, yang memiliki latar belakang sedang menjabat sebagai Duta Petani Milenial RI sekaligus Owner Ayam serondeng kampus di Samarinda.

Dok; Pemaparan pemateri pertama tentang pertanian
Dok; Penyerahan cinderamata dari PJ kepada Bapak Muhammad Padil sebagai pemateri pertama

Kemudian ada juga, materi mengenai permodalan dan keuangan syariah yang langsung dibawakan oleh Bapak Joko Malis Saputra, S.p sebagai narasumber kedua, yang memiliki latar belakang sedang menjabat sebagai micro marketing manager Bank BRI Syariah.

Dok; Pemaparan dari pemateri kedua tentang permodalan.
Dok;  Peserta DIKAWANI mengamati materi yang di sampaikan.
Dok; Penyerahan cinderamata dari Ketua Divisi Kewirausahaan Genbi Kal-Tim IAIN kepada Bapak joko malis saputra sebagai pemateri kedua

Dan yang terakhir, materi tentang bagaimana cara mengolah pupuk serta membibit tanaman cabai dengan cara yang baik dan benar. Yang langsung dibawakan oleh narasumber ketiga yaitu bapak Daniel Muttaqin, S.p, M.p yang memiliki latar belakang sedang menjabat sebagai widyaiswara ahli mudanya UPTB BAPELTAN Provinsi Kal-Tim.

Dok; Pemaparan materi ketiga tentang pengolahan pupuk dan bibit
Dok; Pemaparan materi ketiga tentang pengolahan pupuk dan bibit

Dok; praktek lapangan tentang cara pengolahan pupuk dan bibit di area UPTB BAPELTAN
Dok; praktek lapangan tentang cara pengolahan pupuk dan bibit di area UPTB BAPELTAN
Dok; Penyerahan cinderama dari PJ DIKAWANI kepada bapak Daniel muttaqin sebagai pemateri ketiga

Dengan adanya agenda DIKAWANI ini, harapannya semoga materi-materi yang telah disampaikan bisa terimplikasikan oleh teman-teman peserta, yang dimana mampu meningkatkan kreatifitasnya dalam bertani sehingga kelak dapat dikembangkan dengan cara entrepreneur. Dan impactnya mampu meningkatkan kemandirian ekonomi pangan dalam negeri.

Untuk info terupdate lain nya jangan lupa follow IG @genbikaltim see you next time…

#Genbikaltim #bersamaberkaryauntukbangsa #energiuntuknegeri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top